7 Penyakit Hati

Photo

7 macam penyakit hati
➖➖➖➖➖➖➖➖

Penyakit hati itu sungguh berbahaya. Karena dampaknya sangatlah buruk
Maka dari itu, pentinglah kita ketahui apa saja penyakit hati itu, agar kemudian bisa kita cegah. Nah, setidaknya, ada 7 penyakit hati yang lumayan mengerikan. Berikut ini dia:.

⏩1. Takabbur
Takabbur itu artinya sombong.
“Beberapa contoh orang-orang sombong yang dimusnahkan oleh Allah diantaranya adalah: Firaun, Raja Namrud, Qarun, dan lain-lain.

Allah SWT berfirman: Janganlah kalian berjalan di muka bumi dengan penuh kesombongan (QS al Isra’ [17]: 37).

“Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan masuk Surga orang yang di dalam kalbunya ada sikap sombong meski sebesar biji sawi.”

⏩2. Riya’
Orang yang riya ’ itu dia memperlihatkan suatu amal sholeh kepada sesama manusia.

Pengertian Riya Menurut Istilah adalah melakukan ibadah, dengan niat ingin nantinya dipuji manusia, dan tidak berniat beribadah kepada Allah semata.

Menurut Al Hafidz Imam Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitabnya Fathul Baari berkata: “Riya’ ialah menampakkan ibadah dengan tujuan dilihat manusia, lalu mereka memuji pelaku amalan itu”.

Menurut Imam Al Ghazali, riya’ adalah mencari kedudukan pada hati manusia dengan memperlihatkan kepada mereka hal hal kebaikan. Riya’ ini bisa muncul kapan saja. Bisa saat sebelum beramal, ataupun saat sedang beramal.

“Janganlah kalian menghilangkan pahala shadaqah kalian dengan menyebut nyebutnya atau menyakiti (perasaan si penerima) seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak berimana kepada Allah dan hari kemudian.” (QS. Al Baqarah: 264)

⏩3. Ujub
Ujub adalah sikap mengagumi diri sendiri, karena merasa lebih dari yang lain/Berbangga diri
Mungkin agak mirip dengan takabbur. Namun kalau ujub, belum tentu sambil berkeyakinan menolak kebenaran.
Kalau menurut Imam Al-Ghazali, “Perasaan ‘ujub adalah kecintaan seseorang pada suatu karunia dan merasa memilikinya sendiri, tanpa mengembalikan keutamaannya kepada Alloh.”

Rasulullah Saw bersabda, “Tiga hal yang membinasakan: Kekikiran yang diperturutkan, hawa nafsu yang diumbar, dan kekaguman seseorang pada dirinya sendiri.” ( HR. Thabrani)

⏩4. Sum’ah
Kata “sum’ah” berasal dari kata “samma’a”, yang artinya secara bahasa adalah “memperdengarkan”.

Sedangkan definisinya secara istilah, sum’ah adalah sikap seorang muslim yang membicarakan atau memberitahukan amal shalihnya yang sebelumnya tidak diketahui atau tersembunyi kepada manusia lain, agar dirinya mendapatkan kedudukan dan/atau penghargaan dari mereka, atau mengharapkan keuntungan materi.

Rasulullah Saw juga memperingatkan dalam haditsnya, “Siapa yang berlaku sum’ah maka akan diperlakukan dengan sum’ah oleh Allah dan siapa yang berlaku riya maka akan dibalas dengan riya.” (HR. Bukhari)

⏩5.Hasad
Hasad adalah merasa iri dengki pada kenikmatan dan kelebihan orang lain, disertai harapan agar semua itu hilang dari orang lain itu

Abu Hurairah ra. menuturkan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: “Janganlah kalian saling dengki, jangan saling menipu, jangan saling menjauhi, dan jangan sebagian kalian membeli di atas pembelian yang lain. Jadilah kalian sebagai hamba hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya. Ia tidak boleh menzaliminya, enggan membelanya, membohonginya dan menghinanya. Takwa itu di sini Rasul menunjuk dada beliau tiga kali. Keburukan paling keterlaluan seseorang adalah ia menghina saudaranya yang Muslim. Setiap Muslim atas Muslim lainnya itu haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya.” (HR Muslim dan Ahmad)

⏩6. Taqtir
Taqtir itu artinya terlalu pelit. Tidak mau mengeluarkan harta, padahal wajib.

Imam Ibnu Jauzi dalam kitabnya at thibbu ar ruhi mendefinisikan kikir sebagai sifat enggan menunaikan kewajiban, baik harta benda ajau jasa.

Rasulullah Saw bersabda: “Seburuk buruk sifat yang ada pada seseorang adalah sifat pelit yang sangat pelit dan sifat pengecut yang sangat pengecut. ” (HR. Ahmad)

⏩7. Panjang angan angan
Orang yang terlalu panjang angan angan pun berbahaya. Karena dia mengerahkan segenap tenaganya, waktunya, dan uangnya untuk mengejar keinginan keinginannya; sembari melalaikan kewajibannya dan malah tak peduli hal hal yang diharamkan.

Orang seperti itu, seolah olah atau memang menganggap dirinya tak akan mati, atau matinya masih lama. Sehingga, dia tidak mempersiapkan bekal untuk menghadapi hari Akhir.

“Orang berakal adalah yang tidak panjang angan angannya. Karena, siapa saja yang kuat angan angannya, maka amalnya lemah. Siapa saja yang dijemput ajalnya, maka angan angannya pun tidak ada gunanya. Orang berakal tidak akan meninggal tanpa bekal; berdebat tanpa hujah dan berbenturan tanpa kekuatan. Dengan akal, jiwa akan hidup; hati akan terang; urusan akan berjalan dan dunia akan berjalan.” (Ibn Hayyan al Basti, Raudhatu al Uqala’ wa Nuzhatu al Fudhala’)

Advertisements

7 Ayat Motivasi

Photo

Sahabat..
Kita pasti pernah mengalami ujian yang terasa sangat berat, sampai kita merasa putus asa, khawatir, bingung akan masalah tersebut.

Ada beberapa ayat di dalam Al Qur’an yang akan memotivasi kita agar tetap berjuang, tetap bertahan, dan tidak menyerah dalam menghadapi tantangan yang berat.

⏩Ayat #1 : Kita Bisa Berubah, Jika Kita Mau Mengubah Diri Anda
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri ”. (Q.S. Ar Ra’d:11)

Apa pun kondisi kita saat ini, jika kita mau berubah, maka kita harus mengubah diri sendiri.
Maka Allah akan mengubah kita. Inilah yang sering dilupakan, banyak yang berharap orang lain atau yang diluar berubah, tetapi melupakan diri sendiri yang diubah.

Ayat ini memotivasi kita untuk mengubah diri kita, maka yang lain akan berubah atas bantuan Allah. Jangan hanya menuntut yang diluar diri berubah.
Anda jauh lebih mudah mengubah diri sendiri, daripada mengubah orang lain. Ayat ini adalah motivasi untuk berubah.

⏩Ayat #2 : Kebaikan Dibalik Yang Tidak Kita Sukai
“Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui“ ( Q.S. Al Baqarah:216 )

Sering kali, saat seseorang mendapati sesuatu yang tidak dia sukai, maka dia marah, kecewa, sedih, ngomel, dan akhirnya putus asa.
Padahal, bisa jadi apa yang tidak dia sukai itu malah baik baginya.
Jangan kecewa saat kita tidak diterima di sebuah perusahaan untuk menjadi karyawannya. Bisa jadi itu yang terbaik bagi kita.
Bisa jadi kita akan mendapatkan perkerjaan lebih baik. Bisa jadi, justru akan mendapatkan hal buruk jika diterima diperusahaan itu.
Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi.
Untuk itu, syukuri apa pun yang terjadi saat ini termasuk penolakan dan kekecewaan lainnya.

⏩Ayat #3 : Kita Pasti Sanggup
“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” ( Q.S. Al Baqarah: 286)

Jika kita mengatakan, “saya tidak akan sanggup”, sebenarnya kita sudah mendahului Allah. kita sok tahu, bahwa kita tidak akan mampu. Kata siapa? Itu hanya pemikiran negatif kita. Bisa karena malas, manja, atau cengeng.

Padahal jelas, dalam ayat diatas bahwa kita tidak akan dibebani beban apa pun kecuali sesuai dengan kesanggupan kita. Jika kita berpikir tidak sanggup, itu hanya anggapan kita saja.
kita pasti sanggup jika kita menyanggupinya. Jangan kalah oleh pikiran negatif kita yang dengan mudah mengatakan tidak sanggup.

⏩Ayat #4 dan #5 : Kemudahan Bersama Kesulitan
“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan .” ( Q.S. Al Insyirah: 5 – 6 )

Kebanyakan orang, saat menghadapi kesulitan, dia berhenti alias menyerah. Ada juga yang mengeluh, berharap orang lain mau membantunya mengatasi kesulitan dia. Padahal, bersama kesulitan itu adalah kemudahan.

Jika Anda menghindari kesulitan, Anda tidak akan mendapatkan kemudahan. Jika Anda berharap orang lain yang mengatasi kesulitan, maka kemudahan akan menjadi milik orang lain.
Anda tidak akan mendapatkan kemudahan dari kematangan, keterampilan, dan pengalaman yang didapatkan.

Perhatikan ayat ke6, ada kata “sesungguhnya”, artinya sebuah penguatan atau penegasan akan kalimat sebelumnya.

⏩Ayat #6 dan #7 : Takwa dan Tawakal
“Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya ” ( Q.S. Ath Thalaq: 2 – 3 )

Dua akhlaq ini luar biasa. Tidak ada yang bisa mengalahkannya. Sedang menghadapi masalah atau tantangan besar? Butuh jalan keluar? Maka bertakwalah, Allah akan memberikan jalan keluar juga rezeki yang tidak ia sangka.

Jika kekuatan tawakal, Anda akan dicukupkan, termasuk dicukupkan segalanya untuk menghadapi rintangan, halangan, tantangan, dan juga masalah.
➖➖🌹🌹🌹➖➖

Mudah mudahan dengan rajin membaca dan merenungi ketujuh ayat diatas akan menjadikan kita semua menjadi pribadi yang pantang menyerah.

Hafalkan ayat ayat diatas dan bacalah sambil merenungi maknanya saat Anda sedang menghadapi tantangan atau masalah.
Inshaa Allah Anda akan mendapatkan motivasi luar biasa…😊🙏

Barakallaahu fiykum wa jazzakumullah khoir

Semoga apa yang telah disampaikan ini ada manfaatnya,

Wallahù’alam bíshawab Wabíllahí taùfík walhídayah,

Wassalamù’alaíkùm warahmatùllahí wabarakatùh

6 Perkara yang ditakuti oleh orang mukmin

Photo

*ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHHI WABARAKATUH*

*KAMI IHYA ASSUNNAH SOLUTION INGIN MENARIK PERHATIAN KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT BERKAITAN DENGAN IBADAH QURBAN 2017M/1438H DI BUMI SELATAN KEMBOJA ADALAH DENGAN RM 380 SATU BAHAGIAN.*

TEMPAT-TEMPAT YANG AKAN KAMI DILAKSANAKAN IBADAH QURBAN ADALAH SEPERTI BERIKUT:

LEMBU PERTAMA, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI MADRASAH NURUL IHSAN, KAMPOT :

1.1-HASLINA BINTI ISMAIL.
1.2-MOHD NOR BIN YAAKUB.
1.3-MUHAMMAD AMSYAR HAZIM BIN SUHAIMI.
1.4-MUHAMMAD DZUL FAKAR AIMAN BIN SUHAIMI.
1.5-MOHAMMED NAZRI BIN HAMZAH.
1.6
1.7
Jumlah Penyertaan terkini, (1/8/2017) Mohon Para Sahabat Yang Budiman Melengkapkan Baki Bahagian Yang Belum Mendapat Penyertaan.

LEMBU KEDUA, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI MADRASAH AL-HUSAINI, KG. MOLEKUL, KAMPOT, SELATAN KEMBOJA.
LEMBU KE TIGA, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI MASJID ISMAILI, THOL TENG, KAMPOT,SELATAN KEMBOJA.
LEMBU KE EMPAT, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI MADRASAH MAHMUD MAHYUDDIN, KAMPOT,SELATAN KEMBOJA.                                                                         LEMBU KE LIMA, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI MASJID HAKIM HASSAN, KG. SOM,SELATAN KEMBOJA.                                                                                                     LEMBU KE ENAM, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI PUSAT BAHASA ARAB AL-UMRIAH, KOH KONG,SELATAN KEMBOJA.                                                                               LEMBU KE TUJUH, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI MADRASAH IMAN TARBAWI, KOH KONG, SELATAN KEMBOJA.                                                                             LEMBU KE LAPAN, IBADAT QURBAN AKAN DILAKSANAKAN DI PERKAMPUNGAN MUALLAF YANG AMAT MISKIN , KG. TURKI, KOH KONG, SELATAN KEMBOJA.

Kami juga menerima sumbangan untuk disalurkan kepada masyarakat Islam Selatan Kemboja yang amat-amat memerlukan.

Kepada yang berminat sila hubungi atau WhatsApp ke nombor *019-9576237* (Ustaz Amin).

Tarikh tutup 25 Ogos 2017 – Sila hantar salinan slip bank in tuan-puan kepada kami melalui gmail ihyaassunnah68@gmail.com setelah tuan-puan membuat bayaran ke akaun Maybank 553131011505. Jutaan Terima kasih Diatas Sumbangan dan Sokongan Tuan-puan yang berterusan kepada kami.